Sunday, October 29, 2017

Cara Membuat Cocopeat - Cocopeat adalah serbuk halus yang dihasilkan dari proses penghancuran sabut kelapa. Pada proses penghancuran sabut kelapa akan menghasilkan serat yang lebih dikenal fiber, serta serbuk sabut halus yang dikenal dengan nama cocopeat.

Serbuk halus sabut kelapa (cocopeat) tersebut sangat bagus digunakan untuk media tanam karena dapat menyerap air dan menggemburkan tanah, inilah alasan cocopeat menjadi salah satu media tanam yang paling diminati oleh pekebun pekarangan.

Selain digunakan untuk media pertanian cocopea juga dapat digunakan untuk media ternak cacing, bahan baker pembuatan batu bata hingga untuk bahan baku panel untuk furniture.
Cocopeat juga merupakan media tanam yang ramah lingkungan karena terbuat dari sabut kelapa yang sifatnya terbarukan (organik) jadi lebih ramah lingkungan.

Bagi anda yang sudah tidak sabar ingin bercocok tanam mengunakan cocopeat hasil buatan sendiri lihat Cara Membuat Cocopeat sendiri di rumah dibawah ini.

Bahan dan Alat

  1. Serbuk Sabut Kelapa 5,5 kg. 
  2. Pengayak 
  3. Pengepres

Cara Membuat Cocopeat

  1. Jemur bahan baku yang masih berupa serbuk sabut kelapa mentah selama 1 hari hingga kadar air sabut kelapa dibawah 15%. Karena tanpa menggunakan alat ukuran kelembaban (Hydrometer), maka Anda bisa mengukurnya secara manual dengan cara menempatkan cocopeat dalam wadah jika bobot 1kg lebih, itu artinya kadar air sabut belum mencapai 15%.
  2. Jika kadar air sabut kelama sudah dirasa 15% kebawah, lanjutkan peroses dengan tahap pengayakan. Hasil pengayakan disebut dengan “dust”. 
  3. Sisa pengayakan berupa serbuk kasar dipisahkan dengan yg halus (dust).
  4. Press dust menggunakan alat pengepress.
  5. Jadilah cocopeat balok dan cocopeat balok siap digunakan.
Saat proses pembuatan cocopeat, terutama saat tahap pengeringan. Bahan mentah cocopeat akan menghasilkan banyak debu. Cocopeat yang berkualitas bagus tidak boleh mengandung terlalu banyak debu. Karena debu mempunyai sifat yang mudah padat dapat mengurangi kemampuan cocopeat, terutama membuat pori-pori perakaran, drainase dan aerase.
Baca Juga : Kelebihah dan Kekurang Cocopeat

Itulah sedikit ulasan mengenai Cara Membuat Cocopeat sendiri dirumah. Terima kasih dan semoga bermanfaat.