Monday, October 23, 2017

Cara Mencangkok Pohon Mangga - Mencangkok pohon mangga adalah cara paling mudah dan juga paling murah untuk memperbanyak pohon mangga. Proses pencangkokan dilakukan supaya pohon mangga yang dicangkok memiliki keturunan yang lebih baik dari pohon yang dicangkok, sehingga pohon mangga menghasilkan buah dengan kualitas yang lebih baik dan maksimal dibanding pohon indukan.

Pohon mangga adalah salah satu tanaman dikotil sehingga untuk memperbanyak tanaman jenis ini bisa di lakukan dengan mudah. Perbanyakan dengan cara vegetatif merupakan salah satu cara termudah untuk mendapatkan bibit yang berkualitas dari si induknya, cara vegetatif ini bisa dilakukan dengan cara cangkok maupun stek batang.

Cara mencangkok pohon mangga sendiri cukup mudah, dan bisa dilakukan oleh siapapun bahkan yang awam tentang dunia perkebunan sekalipun, karena yang dibutuhkan untuk mencangkok pohon mangga hanyalah niat untuk melakukannya karena cara mencangkok pohon mangga hanya membutuhkan beberapa step sederhana.

Kelebihan Mencangkok Pohon Mangga

  1. Mendapatkan pohon mangga yang dapat berbuah lebih cepat dibanding pohon yang dihasilkan dari biji.
  2. Kualitas buah mangga yang dihasilkan dari pohon cangkokan memiliki kualitas yang sama bahkan lebih baik daripada pohon induknya.
  3. Memdapat banyak pohon yang dihasilkan dari indukan hanya dalam kurun waktu 30 hari
  4. Tingkat keberhasilan tinggi jika dibanding jenis pengembangbiakan vegetatif lain seperti stek, menempel tunas atau sambung pucuk

Kekurangan Mencangkok Pohon Mangga

  1. Pohon mangga yang diperoleh dari hasil cangkok mudah roboh, ini dikarenakan pohon hasil cangkokan mempunyai akar jenis serabut yang rada rapuh dibanding pohon yang berasal dari perkembangbiakan melalui biji.
  2. Pohon yang dihasilkan kurang tahan terhadap kekeringan
  3. Tajuk pohon indukan menjadi rusak karena cabang banyak yang dipotong

Cara Mencangkok Pohon Mangga

Sebelum memulai proses pencangkokan pohon mangga perhatikan dahulu hal-hal dibawah ini.
  1. Pastikan pohon mangga yang akan Anda cangkok adalah jėnis pohon yang memiliki buah yang baik dan berkualitas.
  2. Usahakan mėmilih batang atau cabang pohon mangga dengan posisi lurus dan tidak tėrnaung, supaya proses fotosintėsis pada pohon mangga bėrjalan lancar, sėkaligus juga dapat mėrangsang pėrtumbuhan akar pada cabang/batang yang dicangkok.
  3. Pilih dahan/ranting paling bagus dan sėhat (menurut pengamatan Anda) sėrta bėrukuran tidak tėrlalu bėsar, kurang lėbih sėbėsar jėmpol tangan. Usahakan juga cari dahan/ranting yang banyak buahnya.
  4. Bėri jarak cangkokan lebih kurang 10 cm dari batang pohon mangga.

Bahan dan Alat-alat yang Dibutuhkan

  1. Serabut kelapa atau Pelastik untuk menutup cangkokan
  2. Tanah yang lembab dan yang mengandung unsur hara
  3. Pisau (usahakan yang tajam dan tidak berkarat)
  4. dan pengikat (tali rafia atau sejenisnya)

Tahap Proses Pencangkokan

Cara Mencangkok Pohon Mangga
  1. Batang pohon mangga yang akan di cangkok Anda kupas kulit luarnya dengan panjang 15 cm menggunakan pisau.
  2. Setelah batang/dahan pohon mangga terkelupas kulitnya tanpa sisa sekarang tinggal membungkus kupasan batang/dahan pohon mangga tersebut.
  3. Tempelkan tanah dan kemudian bungkuslah menggunakan serabut kelapa atau bisa juga dengan menggunakan plastik transparan yang telah Anda lubangi.
  4. Tali kedua ujung bungkus cangkokan dengan tali hingga dirasa cangkokan tidak mudah bergeser (jangan terlalu kencang).
  5. Tahap terahkir proses pencangkokan adalah dengan menyiram bagian batang/dahan cangkokan yang telah Anda bungkus menggunakan air setiap pagi dan sore hari.
Setelah semua proses tahapan selesai sekarang tinggal menunggu lebih kurang selama 30 hari sembari melakukan penyiraman secara rutin hingga akar mulai tumbuh.

Itulah sedikit ulasan mengenai tahap-tahapan Cara Mencangkok Pohon Mangga agar cepat tumbuh akan dan tentunya supaya tidak gagal dalam proses pencangkokan. Terima kasih dan semoga bermanfaat.