Bahaya Sayur Bayam Yang Wajib Anda Ketahui - Ndikrulil
. Home / About / Contact / Disclaimer / Sitemap /

Friday, November 10, 2017

Bahaya Sayur Bayam Yang Wajib Anda Ketahui

Bahaya Sayur Bayam - Bayam adalah salah satu penyuplai sumber protein dan asam amino yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, asam amino berperan sangat penting untuk membentuk perlindungan kondisi tubuh dari serangan penyakit dari luar. Manfaat bayam sendiri sangatlah banyak. Namun, kandungan gizi dan manfaat bayam yang tinggi akan berbanding terbalik jika anda salah mengolahnya.
Bahaya Sayur Bayam

Bahaya Sayur Bayam

Kenapa sayur bayam bisa berbahaya?. Hal ini dikarenakan bayam memiliki kandungan zat besi yang apabila salah dalam proses pemasaknya, beberapa zat tersebut justru akan menjadi r4cun bagi tubuh anda yang pastinya akan menggangu kesehatan anda.

Lalu, apa sajakah tips untuk menghindari bahaya sayur bayam yang harus diperhatikan supaya sayur bayam yang anda masak benar-benar aman dan menyehatkan ?

Memasak Sayur Bayam yang Benar

Ada berbagai panduan memasak sayur bayam yang benar supaya terhindar dari resiko saat dikonsumsi, salah satunya adalah :

Jangan dipanaskan

Bayam sangat kaya akan kandungan zat besi atau senyawa ferro (Fe²+) yang sangat bagus untuk tubuh. Namun, apabila zat tersebut dipanaskan terus-menerus atau berulang-ulang, hal ini akan memicu berjalannya proses oksidasi pada sayur bayam.
Oksidasi adalah pengikatan oksigen, yang menyebabkan senyawa ferro Fe²+ atau zat besi yang bagus untuk tubuh tadi akan menjadi Fe³+ atau senyawa ferri yang bersifat r4cun untuk tubuh (toksin).
Oleh sebab itu, masaklah sayur bayam untuk sekali jangan sekali-kali memanaskan ulang sayur bayam yang telah matang. Selain memiliki kandungan zat besi, bayam juga memiliki kandungan nitrat (NO³). ini berarti sayur bayam yang telah matang jika terlalu lama didiamkan dan terlalu lama bersentuhan dengan hawa NO³ tadi akan beralih menjadi senyawa nitrit (NO²) yang berupa senyawa tidak berwarna, berbau serta ber4cun.

Oleh sebab itu sayur bayam yang sudah matang harus segera dikonsumsi untuk menghindari berubahnya NO³ ke NO².

Batasan Sayur bayam yang masih layak dikonsumsi kurang dari 6 jam setelah dimasak. Setelah lebih dari 6 jam tidak ada harapan lagi untuk mengkonsumsinya untuk menghindari keracunan.

Pilih bayam yang masih segar

Bayam yang masih segar yang baru dipanen mempunyai kandungan senyawa nitrit kurang lebih 5 mg per kg. Bayam yang disimpan di lemar es selama dua minggu kandungan senyawa nitrit akan bertambah hingga mencapai 300 mg per kg. Dengan kata lain, dalam 1 hari penyimpanan, senyawa nitrit akan bertambah sebesar 7%.

Gunakan panci stainless steel

Janganlah sekali-kali memasak sayur bayam dalam panci besi atau aluminium karena senyawa ferro yang terkandung dalam sayur bayam akan mudah bereaksi dengan bahan besi atau aluminium. Sebaiknya gunakan panci nirkarat (stainless steel) agar terhindar dari resiko buruh mengkonsumsi sayur bayam.

Itulah ulasan mengenai beberapa panduan untuk menghindari bahaya sayur bayam. Terima kasih dan semoga bermanfaat.
Bahaya Sayur Bayam Yang Wajib Anda Ketahui
4/ 5
Oleh