Wednesday, November 8, 2017

Cara Melakukan Sikap Lilin - Sikap lilin adalah sikap tidur terlentang dengan posisi kedua kaki terangkat ke atas dan kedua kaki rapat yang saling bersentuhan, pinggang ditopang kedua tangan dan posisi pundak masih tetap menempel di lantai.

Dalam melakukan sikap lilin, kekuatan otot perut dan kedua tangan memiliki peranan sangat penting untuk menopang pinggang.
Gerakan sikap lilin ini sudah tak asing lagi dikalangan masyarakat maupun pelajar, karena salah satu gerakan senam lantai ini sudah diajarkan sejak dini yang dikamas pada mata pelajaran Penjaskes di Sekolah Dasar, Sekolah Mengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, hingga ke jenjang Perguruan tinggi / universitas pun diajarkan tentang materi Senam ini.

Jenis gerakan senam lantai ini dapat dinamakan sikap lilin karena posisi dan gerakan pesenam menyerupa lilin yang tegap berdiri.

Bagi seorang pemula yang ingin mempelajari dan mempraktekkan gerakan senam ini wajib didampingi oleh seorang pelatih, bisa juga seorang guru ataupun seseorang telah dulu menguasai gerakan ini.

Meskipun gerakan sikap lilin ini terlihat sangat sederhana dan mudah tapi dalam melakukan praktek sikap lilin sangat membutuhkan kosentrasi dan kekuatan otot-otot seperti tangan, perut, dan otot lain. Sehingga apabila tidak didampingi oleh seseorang yang telah mempelajari dan memperaktekan sikap lilin terlebih dahulu dikhawatirkan akan menimbulkan cidera yang serius.

Cara Melakukan Sikap Lilin


Untuk kamu yang sudah memiliki pendamping dan tidak sabar ingin mempelajari dan mempraktekkan gerakan sikap lilin yang benar dan aman, langsung saja kita simak yuk "Cara Melakukan Sikap Lilin" dibawah ini.

  1. Pertama berbaringlah terlentang dengan kedua tangan berada di samping badan, dan pandangan menghadap lurus ke atas. 
  2. Kemudian kaki dirapatkan supaya pada saat diangkat keatas posisi badan dapat seimbang. 
  3. Angkat kedua kaki lurus ke atas (masih dalam keadaan rapat).
  4. Jadikan kedua tangan anda sebagai penopang pinggang, serta pundak dan sikut tangan sebagai landasan. Pertahankan sikap lilin ini hingga beberapa menit. 
  5. Kemudian gerakan yang terakhir yakni cara mendarat, kedua kaki harus tetap dalam keadaan rapat dengan gerakan pinggul didorong kedapan, lalu diikuti dengan bagian badan.

Itulah sedikit ulasan mengenai Cara Melakukan Sikap Lilin yang Benar dan Aman yang dapan anda jadikan acuan untuk mempelajari dan memperaktekan gerakan senam sikap lilin dengan benar dan tentunya aman. Terima kasih dan semoga bermanfaat.