Skip to main content

Cara Mengatasi Virus Buah Naga (Basmi Sampai Tuntas)

Cara Mengatasi Virus Buah Naga - Halo sobat Ndikrulil sebenarnya Buah Naga termasuk tumbuhan yang tahan banting dan relatif gampang dalam hal perawatannya dikarenakan tanaman buah naga adalah genus kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus.

Tapi dalam dunia budidaya pasti akan ada suatu gangguan hama virus dan penyakit yang terlebih dulu merampas menggrogoti tanaman buah naga yang kita budidayakan, hal ini tentunya sangat tidak kita inginkan dalam budidaya buah naga karena jelas akan menurunkan hasil produksi yang tidak akan maksimal yang akhirnya kita yang menanggung kerugian yang cukup signifikan akibat gagal panen, hama pada buah naga ini bisa menyerang buah hingga batang.

Oleh karena itu kita harus cermat memperhatikan tanaman buah naga kita dan mengetahui macam-macam hama virus yang ada pada buah naga ini sangat penting untuk mengurangi dampak yang ditimbulkan dengan penanganan hama sejak dini. Anda juga wajib mengetahui "cara mengatasi virus buah naga" karena kurang lengkap rasanya mengetahui macam-macam penyakit buah naga tapi tidak mengetahui cara menangani hama tersebut.

Macam-macam Hama Buah Naga

Tungau / kutu

Hama Tungau / kutu (Tetranychus sp.) hama ini akan kulit batang pohon dan juga cabang pohon yang akan merusak jaringan klorofil pada tanaman, klorofil sendiri berfungsi sebagai asimilasi (pergantian) dari hijau menjadi cokelat. Cara mengatasi hama tungau / kutu ini bisa dengan menyemprotkan Omite dengan dosis 1-2 gr/Liter air yang dilakukan setiap 2 sampai 3 kali seminggu.

Kutu Putih

Macam-macam hama penyakit buah naga
Pohon buah naga yang terserang hama kutu putih (mealybug) pada permukaan kulit batang tanaman atau cabang akan tampak menghitam dan terlihat sangat kotor. Hama kutu putih ini bisa basmi dengan menyemprotkan Kanon dengan dosis 1 sampai 2 cc/Liter air satu minggu sekali pada cabang dan batang tanaman yang diserang. Biasanya kurun waktu dua kali penyemprotandengan Kanon hama ini sudah hilang total.

Kutu  Sisik

Hama kutu sisik (Pseudococus sp.) pada dasarnya hama Kutu sisik ini berada di bagian cabang yang terhalang benda atau batang lain akibatnya batang tidak terkena matahari secara langsung atau kutang optimal akibatnya cabang yang diserang Kutu sisik akan terlihat bewarna kekusaman. Untuk cara penanggulangan dan pembasmian hama ini juga bisa di atasi dgn penyemprotan Kanon, dosis sama seperti untuk membasmi Kutu putih yakni 1 sampai 2 cc/Liter air satu minggu sekali penyemprotan Kanon dapat dilakukan tepat di sela-sela tanaman buah naga yang tertutup berda asing atau kurang terkena sinar matahari secara langsung.

Kutu Batok

Hama kutu batok (Aspidiotus sp.) Hama ini menyerang tanaman buah naga dgn cara mengisap cairan pada batang pohon dan juga cabang yang berdampak pada cabang tanaman akan berubah menjadi berwarna kekuning-kuningan. Pembasmian Hama Kutu batok ini juga bisa dengan menggunakan cara yang sama seperti mengatasi hama kutu putih dan kutu sisik di atas.

Bekicot

Hama bekicot juga sangat mengganggu dan sangat merugikan tanaman buah naga, karena tanaman yang dirayapi Bekicot akan rusak karena digerogoti bekicot tsb. Bekicot ini dapat merusak batang tanaman dan juga cabang pohon, jika hama bekicot ini tidak sejak dini dibasmi maka batang atau cabang tanaman akan membusuk. Hama ini dapat muncul akibat kualitas kebersihan lingkungan kebun yang kurang terawat.

Semut

Pada dasarnya semut akan muncul pada saat tanaman mulai memasuki masa berbunga. Semut ini akan datang tak diundang mengrubungi bunya yang baru mau mekar. Semut akan mengakibatkan kulit buah naga akan bintik-bintik bewarna coklat yang pastinya akan menurunkan kualitas dari si Buah naga itu sendiri alhasil hasil panen kurang maksimal dan kurang memuaskan. Pembasmian hama semut ini bisa dengan menyemprotkan Gusadrin dgndosis 2 cc/Liter air.

Burung

Burung juga termasuk hama pada Tanaman buah naga kita karenan burung akan menyerang buah yang telah besar / siap panen pada bagian atas. Tapi tentang gangguan burung pada tanaman buah naga tidak terlalu sering terjadi alias jarang.

Penyakit Karena Virus dan Cara Mengatasinya

Penyakit yang menyerang tanaman buah naga sudah tidak terhitung lagi berapa banyak jenis dan penyebabnya. Meskipun seperti itu, jika tanaman buah naga kita terserang kita harus sigap segera membasmi agar tidak berdampak semakin parah dan menyebar ke tanaman yang lain. Karena bukan hanya hama parasit saja yang dapat menyerang si Tanaman buah naga, tetapi juga virus yang akan menggrogoti batang dan juga buah. Tapi tak usah khawatir berikut ini penyakit buah naga yang dikarenakan virus dan cara mengatasi virus buah naga :

Busuk Pangkal Batang

Virus Buah Naga Busuk Pangkal Batang
Penyakit ini pada hakikatnya akan menyerang pada saat awal pembibitan hingga penanaman pohon buah naga, hama ini akam mengakibatkan tanaman buah naga mengalami pembusukan pada bagian pangkal batang, berwarna kecokelatan dan juga terdapat bulu putih pada bagian yang terserang. Pembusukan ini diakibatkan karena kelembaban tanah yang berlebihan kadar normal sehingga muncul benih jamur yang akan menyebabkan pembusukan yakni Sclerotium rolfsii Sacc. Virus ini sering terjadi pada bibit buah naga hasil setek yang belum tumbuh akar dalam bentuk potongan.

Cara mengatasi virus buah naga yang terserang penyakit ini dapat dilakukan dengan cara penyemprotan Benlate dengan dosis 2 gram/Liter air atau menggunakan Ridomil 2 gram/Liter air sebulan sekali untuk memastikan virus ini tidak bersarang di batang tanaman. Jika muncul warna kekuningan di pangkal batang maka segera lakukan penyemprotan pada seluruh batang, utamakan pd pangkal batang tanaman yang terserang virus ini.

Selain menggunakan Benlate dan Ridomil penyakit virus seperti ini juga bisa diatasi dengan penyemprotan fungisida dan Atonik didaerah pangkal batang tanaman yang berumur 30 HST.

Saran pengendalian Penyakit ini, lakukan monitoring secara ketat dan pengendalian dilakukan  sedini mungkin. Caranya bisa juga dilakukan dengan membuang/mengorek/mengeruk bagian batang yang busuk sampai dalam batang yang berkayu, batang yang berkayu ini dibersihkan lalu diolesi fungisida, karena dilaporkan juga sebagian penyebab penyakit busuk pada batang ini adalah ulah mikroba dari kelompok cendawan.

Busuk Bakteri

Penyakit Busuk bakteri ini memiliki gejala tanaman buah naga yang terjangkit Busuk bakteri akan terlihat layu, kusam dan mengeluarkan lendir putih bewarna kekuning-kuningan pada bagian tanaman yang mengalami pembusukan akibat terserang Busuk bakteri. Penyakit ini disebabkan oleh  keluarga Pseudomonas sp. Pengobatannya dengan mencabut tanaman yang sakit, kemudian pada lubang tanam diberi Basamid dengan dosis 0,5-1 gram dlm bentuk serbuk kemudian pada lubang tanam yang terjangkit ditanam bibit baru.

Fusarium

Penyakit ini disebabkan oleh Fusarium oxysporium Schl. Gejala tanaman yang terjangkit penyakit ini cabam tanaman akan berkertut keriput, layu dan batang busuk bewarna coklat. Cara mengatasi penyakit ini bisa dilakukan dengan cara menyemprotkan Benlate dengan dosis 2 gram/liter air dalam seminggu dilakukan 1 sampai 2 kali penyemprotan pada bagian batang dan cabang yang terjangkit.

Itulah Macam-macam penyakit pada buah naga dan cara mengatasi virus buah naga. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Tata Cara Adzan dan Doa Untuk Bayi Baru Lahir

Cara Adzan Untuk Bayi Baru Lahir - Assalamu'alaikum sobat Ndikrulil semua orang tua pasti mendambakan mempunyai anak yang saleh dan shalihah, karena anak adalah karunia dari Allah SWT kepada sebuah keluarga. Oleh karena itu anak adalah amanah yang harus dijaga, dirawat dan juga dididik oleh kedua orang tuanya. Mendidik anak sudah dimulai sebelum anak itu terlahir kedunia, yang tidak hanya bisa dilakukan setelah ia besar.

Salah satu bentuk pendidikan kepada anak yang sering dilakukan dalam tradisi masyarakat muslim adalah mengumandangkan adzan dan iqamah ketika anak tersebut baru saja dilahirkan.

Bagaimana hukumnya melakukan Adzan untuk bayi baru lahir? Apakah hal ini pernah diajarkan oleh Rasulullah SAW?

Para ulama sepakat bahwa hukum membacakan adzan dan iqamah sesaat setelah seorang bayi terlahir ke dunia adalah Sunnah.

Dalam Al-Fiqh al-Islam wa Adillatuhu, juz I, hal 61 diterangkan bahwa adzan juga disunnahkan untuk hal selain shalat. Di antaranya adalah "Adzan Untuk Bayi …

Cara Menipiskan Bibir Tebal Secara Alami dan Cepat

Cara Menipiskan Bibir - Kebanyakan para wanita lebih menyukai bibir tipis dan mungil daripada bibir yang tebal. Berbeda dengan orang barat, yang justru menganggap bibir tebal adalah sebuah trend kecantikan yang layak untuk diusahakan.
Salah satu alasan kuat bagi wanita untuk mendapatkan bibir tipis secara alami, supaya penampilan lebih cantik dan mempesona. Baiklah, untuk menipiskan bibir yang tebal tanpa operasi bedah memang tidak mustahil. Namun perlu diingat bahwa apapun bentuk bibir anda, harus dirawat dan disyukuri. Cara Menipiskan Bibir Bentuk bibir yang indah adalah lambang kecantikan bagi wanita. Sebagian orang memiliki bentuk bibir yang monyong dan dower, sehingga mereka berusaha untuk membuatnya menjadi lebih tipis dan ideal. Nah, bagi anda yang ingin mengurangi ukuran bibir secara alami, ikuti panduan di bawah ini.
Untuk cara menipiskan bibir yang tebal, tidak harus melalui operasi bedah yang membutuhkan biaya mahal. Cara alami tentu lebih aman dan tidak menimbulkan efek sa…

Doa Sebelum Tidur dan Bangun Tidur (Arab, Latin dan Terjemahannya)

Doa Sebelum Tidur dan Bangun Tidur (Arab, Latin dan Terjemahannya) - Assalamu'alaikum sobat Ndikrulil sebelum kita menuju ke topik utama doa mau tidur, ayuk kita nyanyi sebentar "Berdoalah sebelum kita tidur, jangan lupa cuci kaki & tanganmu, jangan lupa doakan mama papa kita". Tentunya sobat masih sangat hafal dengan lagu ini ya? Yups lagu yang dipopulerkan oleh Tasya dan Duta itu merupakan lagu anak-anak yang mengajarkan kepada kita semua untuk selalu berdoa ketika kita mau tidur dan juga bangun tidur.



Saya yakin, teman-teman disini sudah hafal dengan bacaan doa mau tidur. Ini pasti dikarenakan kita setiaphari pasti tidur entah dimalam hari maupun di siang hari, doa ini juga pasti orang tua kalian sudah mengajarkan doa ini kepada kita sejak masih balita.

Meskipun seperti itu, tidak ada salahnya jika saya berbagi bacaan lafadz "doa sebelum tidur" dan setelah bangun tidur di blog Ndikrulil ini, karena mungkin masih ada beberapa dari teman kita yang juga bel…