Skip to main content

Panduan Cara Menanam Bawang Putih di Pot / Polybag

Cara Menanam Bawang Putih - Bawang putih adalah salah satu bumbu dapur yang penggunaannya wajib di berbagai masakan. Sayangnya, semakin hari harga bawang putih justru semakin melambung tinggi. Hal ini tentu akan memaksa para ibu rumah tangga dengan setatus sosial menengah kebawah untuk ekstra hemat, Alhasil masakan yang dihasilkan pun kurang bercitarasa karena kurangan nya salahsatu bumbu yang melegenda ini. Ini sungguh disayangkan, sebab bagaimanapun bawang putih adalah salahsatu pelengkap dan komponen sehat yang terkandung dalam racikan bumbu masakan.

Ada berbagai cara alternatif yang bisa kita ambil untuk mensiasati harga bawang putih yang semakin tinggi ini yang memaksa kita untuk mengurangi jumlah pemakaian bawang putih untuk setiap masakan kita. Salah satunya dengan cara menanam bawang putih sendiri di pekarangan rumah dengan media pot atau polybag.

Mungkin sebagian dari anda masih berpikir cara ini justru akan merepotkan karena mengira menanam tanaman bawang putih wajib memerlukan penanganan yang rumit dan harus ditanam di lahan yang luas. Anda takperlu khawatir akan hal ini, karena faktanya anda bisa menanam bawang putih di sebuah ember, pot bunga atau polybag. Untuk tutorial cara menanam bawang putih dari persiapan media tanam hingga tahap pemanenan akan sata ulas secara rinci pada artikel "Cara Menanam Bawang Putih" dibawah ini.

Bawang putih memang diperuntukan untuk ditanam di area luas atau kebun. Tetapi bukan berarti bawang putih tidak bisa tumbuh subur diperkarangan rumah, Bawang putih masih bisa tumbuh di perkarangan rumah tetapi dengan catatan hasil yang nantinya kita peroleh tidak sebagus jiga dibanding dengan hasil yang didapat dari kebun. Sebelum anda benar-benar memutuskan untuk menanam bawang putih di pekarangan rumah, pastikan terlebih dulu pekarangan yang hendak anda tanami bawang putih mempunyai kondisi yang ideal seperti berikut :

Tahap Persiapan

  • Bawang putih tidak cocok dengan kontur tanah yang becek atau memiliki kadar air yang cukup tinggi. Sebab itu, perhatikanlah tanah di pekarangan yang hendak anda tanami bawang putih. Jika terlalu lembab, lebih baik tanamlah bawang putih di pot atau polybag saja.
  • Pastikan pekarangan yang hendak anda pakai untuk menanam bawang putih terpapar sinar matahari secara langsung, tidak terhalang oleh benda apapun. Sebab bawang putih sangat menyukai area terbuka dan terkena sinar matahari maksimal untuk tumbuh dan berkembang.
  • Jika pekarangan anda dipenuhi dengan tanaman lain, tidak apa-apa karena bawang putih tidak bermasalah dengan tanaman disekitarnya, hanya saja pastikan tanaman lain disekitar bawang putih tidak menghalangi asupan cahaya matahari ke tanaman bawang putih.
  • Jika pekarangan sudah anda rasa ideal untuk siap ditanami bawang putih, Tidak ada salahnya untuk segera memulai kegiatan bercocok tanam. Yang akan saya jelaskan cara menanam bawang putih dibawah ini :

Cara Menanam Bawang Putih

  • Pertama-tama bawang putih diperbanyak melalui umbinya. Jadi, jika Anda tidak mau repot-repot, cukup membeli bawang puith beberapa siung kemudian simpanlah beberapa bulan hingga terlihat ada daun bawang yang mulai keluar dari umbi bawan putih tersebut. Itu adalah salah satu pertanda bawang siap untuk ditanam. Biasanya dalam metode budidaya yang lebih professional, pembibitan bawang putih dimulai dengan menyimpan umbinya di tempat dengan suhu 5 derajat celcius. Karenan dengan suhu 5 derajat bisa mempercepat proses perangsangan pengumbian dengan baik.
  • Setelah bibit siap, pastikan media tanah tempat bawang yang hendak ditanam tersebut dalam keadaan subur. Jika dirasa masih kurang, Anda bisa mengolahnya terlebih dahulu dengan menggunakan campuran pupuk kompos.
  • Langkah selanjutnya dengan membuat lubang tanam dgn kedalaman antara 2 hingga 3 cm. Jarak tanam masing-masing bibit bawang 8 hingga 10 cm. Setelah siap, tinggal menancapkan bawang putih kelubang tadi.
  • Dalam proses pertumbuhan bawang putih tidak membutuhkan asupan banyak air jadi Anda tidak perlu sering-sering menyiramnya. Ini dikarenakan bawang putih justru mudah rusak dan membusuk jika banyak air. Yang perlu Anda perhatikan saat proses pertumbuhan ini hanyalah membersihkan area sekitar bawang putih seperti rerumputan atau tanaman liar lain.

Masa Pemanenan Bawang Putih

  • Masa panen bawang putih bisa ditandai dari daunnya yang telah menguning, kemudian menjadi coklat dan kemudian akan layu. Jika Anda telah mendapati kondisi tersebut, berarti bawang putih yang Anda tanam sudah siap dipanen.
  • Setelah dipanen, jangan simpan bawang putih dalam keadaan basah sebab akan berpotensi menjadi busuk. Sebaiknya, setelah dicabut dari tanah, angin-anginkanlah dengan cara menggantung bawang putih di tempat kering tidak lembab terlebih dahulu baru kemudian disimpan.

Hama Bawang Putih

Seperti kebanyakan tanaman Hortikultura lain bawang putih juga memiliki hama penyakit yang sering menyerang tanaman ini, Berikut adalah hama yang sering menyerang bawang putih beserta cara penanggulangannya :

Ulat Daun (Spodoptera Exigua)

Ulat Daun (Spodoptera Exigua) adalah hama yang paling banyak menyerang tanaman bawang putih. akibat serangan ulat daun ini dapat menurunkan hasil panen hingga mencapai 75%. Ulat daun ini menyerang dengan cara masuk ke daun dan memakan daun dari dalam hingga tinggal epidermis luar, sehingga daun bawang menjadi berwarna putih transparan dan akhirnya terkulai.
Pengendalian hama ulat daun ini dapat dilakukan dengan pergiliran tanaman dan waktu tanam yang serempak. selain itu, dapat dilakukan dengan pemasangan sex pheromone ataupun penggunaan insektisida.

Penyakit Layu (Fusarium, sp)

Penyakit Layu (Fusarium, sp) ini disebabkan oleh jamur fusrium, serangan penyakit layu ini diawali dengan kelayuan pada ujung daun yang berwarna kecoklatan, tekstur permukaannya basah dan lunak. parah nya juga penyakit layu ini juga dapat menyerang bawang putih yang sudah disimpan di gudang.
Pengendalian penyakit ini bisa dilakukan dengan pergiliran tanaman, waktu tanam seempak, dan penggunaan fungisida.
Itulah sedikit ulasan kali ini mengenai cara menanam bawang putih dan juga hama yang sering menyerang bawang putih yang bisa kita jadikan acuan sebelum memulai penanaman bawang putih di pekarangan kita, Happy farming sob.

Comments

Popular posts from this blog

Tata Cara Adzan dan Doa Untuk Bayi Baru Lahir

Cara Adzan Untuk Bayi Baru Lahir - Assalamu'alaikum sobat Ndikrulil semua orang tua pasti mendambakan mempunyai anak yang saleh dan shalihah, karena anak adalah karunia dari Allah SWT kepada sebuah keluarga. Oleh karena itu anak adalah amanah yang harus dijaga, dirawat dan juga dididik oleh kedua orang tuanya. Mendidik anak sudah dimulai sebelum anak itu terlahir kedunia, yang tidak hanya bisa dilakukan setelah ia besar.

Salah satu bentuk pendidikan kepada anak yang sering dilakukan dalam tradisi masyarakat muslim adalah mengumandangkan adzan dan iqamah ketika anak tersebut baru saja dilahirkan.

Bagaimana hukumnya melakukan Adzan untuk bayi baru lahir? Apakah hal ini pernah diajarkan oleh Rasulullah SAW?

Para ulama sepakat bahwa hukum membacakan adzan dan iqamah sesaat setelah seorang bayi terlahir ke dunia adalah Sunnah.

Dalam Al-Fiqh al-Islam wa Adillatuhu, juz I, hal 61 diterangkan bahwa adzan juga disunnahkan untuk hal selain shalat. Di antaranya adalah "Adzan Untuk Bayi …

Cara Menipiskan Bibir Tebal Secara Alami dan Cepat

Cara Menipiskan Bibir - Kebanyakan para wanita lebih menyukai bibir tipis dan mungil daripada bibir yang tebal. Berbeda dengan orang barat, yang justru menganggap bibir tebal adalah sebuah trend kecantikan yang layak untuk diusahakan.
Salah satu alasan kuat bagi wanita untuk mendapatkan bibir tipis secara alami, supaya penampilan lebih cantik dan mempesona. Baiklah, untuk menipiskan bibir yang tebal tanpa operasi bedah memang tidak mustahil. Namun perlu diingat bahwa apapun bentuk bibir anda, harus dirawat dan disyukuri. Cara Menipiskan Bibir Bentuk bibir yang indah adalah lambang kecantikan bagi wanita. Sebagian orang memiliki bentuk bibir yang monyong dan dower, sehingga mereka berusaha untuk membuatnya menjadi lebih tipis dan ideal. Nah, bagi anda yang ingin mengurangi ukuran bibir secara alami, ikuti panduan di bawah ini.
Untuk cara menipiskan bibir yang tebal, tidak harus melalui operasi bedah yang membutuhkan biaya mahal. Cara alami tentu lebih aman dan tidak menimbulkan efek sa…

Doa Sebelum Tidur dan Bangun Tidur (Arab, Latin dan Terjemahannya)

Doa Sebelum Tidur dan Bangun Tidur (Arab, Latin dan Terjemahannya) - Assalamu'alaikum sobat Ndikrulil sebelum kita menuju ke topik utama doa mau tidur, ayuk kita nyanyi sebentar "Berdoalah sebelum kita tidur, jangan lupa cuci kaki & tanganmu, jangan lupa doakan mama papa kita". Tentunya sobat masih sangat hafal dengan lagu ini ya? Yups lagu yang dipopulerkan oleh Tasya dan Duta itu merupakan lagu anak-anak yang mengajarkan kepada kita semua untuk selalu berdoa ketika kita mau tidur dan juga bangun tidur.



Saya yakin, teman-teman disini sudah hafal dengan bacaan doa mau tidur. Ini pasti dikarenakan kita setiaphari pasti tidur entah dimalam hari maupun di siang hari, doa ini juga pasti orang tua kalian sudah mengajarkan doa ini kepada kita sejak masih balita.

Meskipun seperti itu, tidak ada salahnya jika saya berbagi bacaan lafadz "doa sebelum tidur" dan setelah bangun tidur di blog Ndikrulil ini, karena mungkin masih ada beberapa dari teman kita yang juga bel…