Skip to main content

Bahaya Sayur Bayam Yang Wajib Anda Ketahui

Bahaya Sayur Bayam - Bayam adalah salah satu penyuplai sumber protein dan asam amino yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, asam amino berperan sangat penting untuk membentuk perlindungan kondisi tubuh dari serangan penyakit dari luar. Manfaat bayam sendiri sangatlah banyak. Namun, kandungan gizi dan manfaat bayam yang tinggi akan berbanding terbalik jika anda salah mengolahnya.
Bahaya Sayur Bayam

Bahaya Sayur Bayam

Kenapa sayur bayam bisa berbahaya?. Hal ini dikarenakan bayam memiliki kandungan zat besi yang apabila salah dalam proses pemasaknya, beberapa zat tersebut justru akan menjadi r4cun bagi tubuh anda yang pastinya akan menggangu kesehatan anda.

Lalu, apa sajakah tips untuk menghindari bahaya sayur bayam yang harus diperhatikan supaya sayur bayam yang anda masak benar-benar aman dan menyehatkan ?

Memasak Sayur Bayam yang Benar

Ada berbagai panduan memasak sayur bayam yang benar supaya terhindar dari resiko saat dikonsumsi, salah satunya adalah :

Jangan dipanaskan

Bayam sangat kaya akan kandungan zat besi atau senyawa ferro (Fe²+) yang sangat bagus untuk tubuh. Namun, apabila zat tersebut dipanaskan terus-menerus atau berulang-ulang, hal ini akan memicu berjalannya proses oksidasi pada sayur bayam.
Oksidasi adalah pengikatan oksigen, yang menyebabkan senyawa ferro Fe²+ atau zat besi yang bagus untuk tubuh tadi akan menjadi Fe³+ atau senyawa ferri yang bersifat r4cun untuk tubuh (toksin).
Oleh sebab itu, masaklah sayur bayam untuk sekali jangan sekali-kali memanaskan ulang sayur bayam yang telah matang. Selain memiliki kandungan zat besi, bayam juga memiliki kandungan nitrat (NO³). ini berarti sayur bayam yang telah matang jika terlalu lama didiamkan dan terlalu lama bersentuhan dengan hawa NO³ tadi akan beralih menjadi senyawa nitrit (NO²) yang berupa senyawa tidak berwarna, berbau serta ber4cun.

Oleh sebab itu sayur bayam yang sudah matang harus segera dikonsumsi untuk menghindari berubahnya NO³ ke NO².

Batasan Sayur bayam yang masih layak dikonsumsi kurang dari 6 jam setelah dimasak. Setelah lebih dari 6 jam tidak ada harapan lagi untuk mengkonsumsinya untuk menghindari keracunan.

Pilih bayam yang masih segar

Bayam yang masih segar yang baru dipanen mempunyai kandungan senyawa nitrit kurang lebih 5 mg per kg. Bayam yang disimpan di lemar es selama dua minggu kandungan senyawa nitrit akan bertambah hingga mencapai 300 mg per kg. Dengan kata lain, dalam 1 hari penyimpanan, senyawa nitrit akan bertambah sebesar 7%.

Gunakan panci stainless steel

Janganlah sekali-kali memasak sayur bayam dalam panci besi atau aluminium karena senyawa ferro yang terkandung dalam sayur bayam akan mudah bereaksi dengan bahan besi atau aluminium. Sebaiknya gunakan panci nirkarat (stainless steel) agar terhindar dari resiko buruh mengkonsumsi sayur bayam.

Itulah ulasan mengenai beberapa panduan untuk menghindari bahaya sayur bayam. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Tata Cara Adzan dan Doa Untuk Bayi Baru Lahir

Cara Adzan Untuk Bayi Baru Lahir - Assalamu'alaikum sobat Ndikrulil semua orang tua pasti mendambakan mempunyai anak yang saleh dan shalihah, karena anak adalah karunia dari Allah SWT kepada sebuah keluarga. Oleh karena itu anak adalah amanah yang harus dijaga, dirawat dan juga dididik oleh kedua orang tuanya. Mendidik anak sudah dimulai sebelum anak itu terlahir kedunia, yang tidak hanya bisa dilakukan setelah ia besar.

Salah satu bentuk pendidikan kepada anak yang sering dilakukan dalam tradisi masyarakat muslim adalah mengumandangkan adzan dan iqamah ketika anak tersebut baru saja dilahirkan.

Bagaimana hukumnya melakukan Adzan untuk bayi baru lahir? Apakah hal ini pernah diajarkan oleh Rasulullah SAW?

Para ulama sepakat bahwa hukum membacakan adzan dan iqamah sesaat setelah seorang bayi terlahir ke dunia adalah Sunnah.

Dalam Al-Fiqh al-Islam wa Adillatuhu, juz I, hal 61 diterangkan bahwa adzan juga disunnahkan untuk hal selain shalat. Di antaranya adalah "Adzan Untuk Bayi …

Cara Menipiskan Bibir Tebal Secara Alami dan Cepat

Cara Menipiskan Bibir - Kebanyakan para wanita lebih menyukai bibir tipis dan mungil daripada bibir yang tebal. Berbeda dengan orang barat, yang justru menganggap bibir tebal adalah sebuah trend kecantikan yang layak untuk diusahakan.
Salah satu alasan kuat bagi wanita untuk mendapatkan bibir tipis secara alami, supaya penampilan lebih cantik dan mempesona. Baiklah, untuk menipiskan bibir yang tebal tanpa operasi bedah memang tidak mustahil. Namun perlu diingat bahwa apapun bentuk bibir anda, harus dirawat dan disyukuri. Cara Menipiskan Bibir Bentuk bibir yang indah adalah lambang kecantikan bagi wanita. Sebagian orang memiliki bentuk bibir yang monyong dan dower, sehingga mereka berusaha untuk membuatnya menjadi lebih tipis dan ideal. Nah, bagi anda yang ingin mengurangi ukuran bibir secara alami, ikuti panduan di bawah ini.
Untuk cara menipiskan bibir yang tebal, tidak harus melalui operasi bedah yang membutuhkan biaya mahal. Cara alami tentu lebih aman dan tidak menimbulkan efek sa…

Doa Sebelum Tidur dan Bangun Tidur (Arab, Latin dan Terjemahannya)

Doa Sebelum Tidur dan Bangun Tidur (Arab, Latin dan Terjemahannya) - Assalamu'alaikum sobat Ndikrulil sebelum kita menuju ke topik utama doa mau tidur, ayuk kita nyanyi sebentar "Berdoalah sebelum kita tidur, jangan lupa cuci kaki & tanganmu, jangan lupa doakan mama papa kita". Tentunya sobat masih sangat hafal dengan lagu ini ya? Yups lagu yang dipopulerkan oleh Tasya dan Duta itu merupakan lagu anak-anak yang mengajarkan kepada kita semua untuk selalu berdoa ketika kita mau tidur dan juga bangun tidur.



Saya yakin, teman-teman disini sudah hafal dengan bacaan doa mau tidur. Ini pasti dikarenakan kita setiaphari pasti tidur entah dimalam hari maupun di siang hari, doa ini juga pasti orang tua kalian sudah mengajarkan doa ini kepada kita sejak masih balita.

Meskipun seperti itu, tidak ada salahnya jika saya berbagi bacaan lafadz "doa sebelum tidur" dan setelah bangun tidur di blog Ndikrulil ini, karena mungkin masih ada beberapa dari teman kita yang juga bel…