Skip to main content

Kelebihan dan Kekurangan Hidroponik Sistem NFT

Kelebihan dan Kekurangan Hidroponik Sistem NFT - Nutrient film technique (NFT) adalah salah satu sistem hidroponik yang di temukan oleh Dr. A.J Cooper di Glasshouse Crops Research Institute, Littlehampton, Inggris ditahun 1960-an dan dikembangkan pada tahun 1970-an secara komersial.

Konsep dasar hidroponik teknik NFT ini adalah sebuah metode pembudidayaan tanaman sayur-sayuran dengan kondisi akar tanaman yang tumbuh pada lapisan nutrisi dangkal dan tersirkulasi sehingga tanaman dapat mendapat asupan air, oksigen dan nutrisi yang cukup yang telah disirkulasikan secara terus menerus menggunakan pompa.

Wilayah tumbuhnya akar didalam cairan nutrisi memungkinkan tumbuh dan berkembangnya akar dalam cairan nutrisi tersebut yang dangkal sehingga bagian atas akar tetap berada di permukaan disela-sela antara cairan nutrisi dan styrofoam, adanya bagian akar yang tidak terkena cairan ini meungkinkan memungkinkan tanaman untuk mendapatkan asupan oksigen yang cukup untuk melakukan pertumbuhan secara normal.

Kelebihan Hidroponik Sistem NFT

  1. Dapat mempermudah pengendalian wilayah tumbuh dan berkembangnya akar tanaman.
  2. Kebutuhan asupan air dapat terpenuhi secara baik dan gampang. 
  3. Tingkat konsentrasi dan keseragaman nutrisi dalam cairan/larutan yang dibutuhkan oleh tanaman bisa disesuaikan umur dan jenis tanaman dengan mudah.
  4. Tanaman dapat diusahakan beberapa kali dengan periode tanam yang relatif singkat.
  5. Mempermudah pelaksanaan penelitian atau eksperimen menggunakan variabel yang dapat terkontrol.
  6. Memungkinkan untuk meningkatkan produktivitas tanaman menggunakan high planting density. 

Kekurangan Hidroponik Sistem NFT

  1. Investasi awal dan biaya perawatan alat mahal.
  2. Sangat bergantung terhadap energi listrik
  3. Penyakit yang menyerang sebuah tanaman akan dengan cepat menular ke tanaman lain.

Kebutuhan Dasar Sistem NFT 

  1. Bed (talang).
  2. Tangki penampung 
  3. dan Pompa. 
Bed NFT di beberapa negara maju bed telah di produksi secara massal dan disediakan oleh beberapa perusahaan supplier greenhouse dan pertanian, di Jepang bed terbuat dari styrofoam, namun di Indonesia belum ada yang memproduksi bed sehingga banyak pelaku perkebunan Hidroponik di Indonesia hanya mengandalkan talang rumah (dengan ukuran lebar 13-17 cm dan panjang 4 meter).

Tangki penampung dapat memanfaatkan tempat atau tandon air.

Pompa berfungsi untuk mengalirkan cairan nutrisi dari tangki penampung ke bed NFT menggunakan bantuan selang distribusi.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam NFT adalah : kemiringan talang (1-5%) untuk pengaliran larutan nutrisi.
Kecepatan aliran nutrisi yang masuk tidak boleh terlalu cepat (idealnya berkisar antara 0.3-0.75 Liter/menit) dan lebar talang yang cukup untuk menghindari tersumbatnya bed oleh akar yang mengakibatkan larutan nutrisi macet.

NFT adalah sistem hidroponik yang sangat sederhana dengan bekerja mengalirkan air, oksigen dan nutrisi secara berulang-ulang dengan ketinggian arus sekitar air antara 2 hingga 3 Milimeter. Tanaman disangga dengan sedemikian rupa hingga akar tanaman menyentuh air nutrisi yang dimengalir.

Air dan nutrisi yang mengalir di sistem hidroponik NFT tidak akan terbuang sia-sia karena aliran air nutrisi akan masuk ke bak penampungan dibawahnya setelah itu dipompa kembali ke atas dan dialirkan lagi ke akar tanaman berulang-ulang.

Alat-alat Hidroponik Sistem NFT

  1. Talang air. 
  2. Sterofoam.
  3. Pompa akuarium.
  4. Busa.
  5. Pipa PVC .
  6. Ember atau wadah air.

Kelebihan Alat NFT

  1. Tanaman mendapat suplai air, nutrisi dan oksigen secara terus-menerus dan teratur.
  2. Hemat air dan nutrisi.
  3. Mempermudah perawatan.

Kekurangan alat NFT

  1. Jika salah satu tanaman terjangkit penyakit maka satu bed tanaman akan ikut terjangkit, bahkan dapat menjangkiti hingga 1 set sistem NFT.
  2. Alat ini sangat bergantung pada listrik, jika tidak ada aliran listrik maka alat ini tidak bisa bekerja dan mengakibatkan matinya aliran nitrisi hingga matinya tanaman.
Itulah sedikit ulasan mengenai Kelebihan dan Kekurangan Hidroponik Sistem NFT. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Tata Cara Adzan dan Doa Untuk Bayi Baru Lahir

Cara Adzan Untuk Bayi Baru Lahir - Assalamu'alaikum sobat Ndikrulil semua orang tua pasti mendambakan mempunyai anak yang saleh dan shalihah, karena anak adalah karunia dari Allah SWT kepada sebuah keluarga. Oleh karena itu anak adalah amanah yang harus dijaga, dirawat dan juga dididik oleh kedua orang tuanya. Mendidik anak sudah dimulai sebelum anak itu terlahir kedunia, yang tidak hanya bisa dilakukan setelah ia besar.

Salah satu bentuk pendidikan kepada anak yang sering dilakukan dalam tradisi masyarakat muslim adalah mengumandangkan adzan dan iqamah ketika anak tersebut baru saja dilahirkan.

Bagaimana hukumnya melakukan Adzan untuk bayi baru lahir? Apakah hal ini pernah diajarkan oleh Rasulullah SAW?

Para ulama sepakat bahwa hukum membacakan adzan dan iqamah sesaat setelah seorang bayi terlahir ke dunia adalah Sunnah.

Dalam Al-Fiqh al-Islam wa Adillatuhu, juz I, hal 61 diterangkan bahwa adzan juga disunnahkan untuk hal selain shalat. Di antaranya adalah "Adzan Untuk Bayi …

Cara Menipiskan Bibir Tebal Secara Alami dan Cepat

Cara Menipiskan Bibir - Kebanyakan para wanita lebih menyukai bibir tipis dan mungil daripada bibir yang tebal. Berbeda dengan orang barat, yang justru menganggap bibir tebal adalah sebuah trend kecantikan yang layak untuk diusahakan.
Salah satu alasan kuat bagi wanita untuk mendapatkan bibir tipis secara alami, supaya penampilan lebih cantik dan mempesona. Baiklah, untuk menipiskan bibir yang tebal tanpa operasi bedah memang tidak mustahil. Namun perlu diingat bahwa apapun bentuk bibir anda, harus dirawat dan disyukuri. Cara Menipiskan Bibir Bentuk bibir yang indah adalah lambang kecantikan bagi wanita. Sebagian orang memiliki bentuk bibir yang monyong dan dower, sehingga mereka berusaha untuk membuatnya menjadi lebih tipis dan ideal. Nah, bagi anda yang ingin mengurangi ukuran bibir secara alami, ikuti panduan di bawah ini.
Untuk cara menipiskan bibir yang tebal, tidak harus melalui operasi bedah yang membutuhkan biaya mahal. Cara alami tentu lebih aman dan tidak menimbulkan efek sa…

Doa Sebelum Tidur dan Bangun Tidur (Arab, Latin dan Terjemahannya)

Doa Sebelum Tidur dan Bangun Tidur (Arab, Latin dan Terjemahannya) - Assalamu'alaikum sobat Ndikrulil sebelum kita menuju ke topik utama doa mau tidur, ayuk kita nyanyi sebentar "Berdoalah sebelum kita tidur, jangan lupa cuci kaki & tanganmu, jangan lupa doakan mama papa kita". Tentunya sobat masih sangat hafal dengan lagu ini ya? Yups lagu yang dipopulerkan oleh Tasya dan Duta itu merupakan lagu anak-anak yang mengajarkan kepada kita semua untuk selalu berdoa ketika kita mau tidur dan juga bangun tidur.



Saya yakin, teman-teman disini sudah hafal dengan bacaan doa mau tidur. Ini pasti dikarenakan kita setiaphari pasti tidur entah dimalam hari maupun di siang hari, doa ini juga pasti orang tua kalian sudah mengajarkan doa ini kepada kita sejak masih balita.

Meskipun seperti itu, tidak ada salahnya jika saya berbagi bacaan lafadz "doa sebelum tidur" dan setelah bangun tidur di blog Ndikrulil ini, karena mungkin masih ada beberapa dari teman kita yang juga bel…