Tuesday, December 19, 2017

Cara Mengatasi Daun Pohon Pepaya Yang Menguning dan Layu

Cara Mengatasi Daun Pohon Pepaya Yang Menguning dan Layu - Hallo sobat Ndikrulil penyakit daun pepaya menguning ini pertama kali dilaporkan terjadi di Jawa Timur. Penyakit ini menyebabkan kerugian yang sangat besar terutama pada musim penghujan seperti sekarang ini.

Gejala yang diakibatkan penyakit ini adalah menguningnya daun yang dilanjutkan dengan layunya daun pepaya. Pada umumnya setelah beberapa hari tanaman pepaya yang terserang penyakit ini akan mati pada bagian atasnya, lama-kelamaan merambat ke seluruh bagian tanaman.

daun pepaya menguning

Penyebab penyakit

Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Erwinia papayae. Sebelumnya pernah disebut sebagai Bacillus papayae. Bakteri ini berbentuk basil, panjang 1,0-1,5mm, berantai, tidak berspora, gram negative, dan aerob.

Penyakit ini dapat ditularkan oleh serangga. Namun cara penyebaran penyakit ini belum bisa dipastikan. Infeksi dapat terjadi pada sisi atas maupun sisi bawah daun. Percobaan penularan ke tanaman lain sudah dilakukan namun tidak memberikan hasil yang memuaskan. Penyakit ini berkembang baik pada musim penghujan.

Peyakit yang menyebabkan daun pepaya menguning ini juga diakibatkan oleh kerusakan akar yang diakibatkan oleh akitivitas serangga hama menyerupai uret. Efeknya pengiriman air dari akar terhambat, daun menguning, bunga sedikit, buah kecil atau gugur. Kedua, akar tergenang. Penyebab lain, kekurangan nitrogen.

Penanggulangan

Sebelum meluas hal yang bisa dilakukan adalah bagian tanaman yang terinfeksi segera dibuang (dipotong dan dibakar). Hal lain yang bisa dilakukan adalah dengan budidaya dan pengelolaan tanaman yang baik sehingga dapat terhindar dari penyakit ini.

Nah itulah sedikit ulasan mengenai cara mengatasi daun pohon pepaya yang menguning dan layu. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

This Is The Newest Post